Keorganisasian

Posted by Ibnu A.H On Minggu, 24 Desember 2017 0 komentar

Essai : Keorganisasian
            
 Menurut yang saya ketahui keorganisasian atau lebih tepatnya organisasi,merupakan suatu wadah untuk menyalurkan pendapat,ide,gagasan dalam suatu perkumpulan dengan anggota lebih dari 1 orang untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan juga menjadi sarana pembelajaran untuk saling berinteraksi dan bekerjasama dengan orang lain.Yang tentunya akan digunakan sebagai pengalaman dimasa yang akan datang.

 Organisasi terbentuk dari adanya visi dan misi yang sama dari orang yang ada didalamnya. Tentunya istilah keorganisasian sudah tidak lagi ditelinga kita atau bahkan memang menjadi istiliah yang sudah menjadi makanan sehari-hari entahitu ketika kita masih sekolah,kuliah bahkan ketika kelak sudah bekerja.
 Misalkan ketika kita pada sekolah dahulu entah itu di SD,SMP maupun SMA organisasi yang paling kecil yaitu struktur didalam kelas dimana terdapat
ketua kelas yang sudah dilih untuk memimpin situasi baik itu ketertiban,kedisiplinan maupun kekompakan dikelas agar teratur dan memudahkan untuk berkomunikasi dengan para guru terkait,juga ada wakil ketua kelas yang berfungsi sebagai pengganti dan membantu tugas-tugas dari ketua kelas,lalu ada seksi-seksi seperti keagamaan,kebersihan,keamanan ada juga sekretaris dan bendahara.Semua sudah mempunyai tugasn dan fungsinya masing-masing dengan tujuan yang sama dalam hal membuat kelas menjadi teratur dan membuat kemudahan dengan adanya tugas yang telah dibagi dalam struktur keorganisasian yang telah dibentuk . Dan lagi organisasi yang sudah terbentuk disekolah termasuk fasilitas sekolah yaitu ekstrakulikuler. Baik itu organisasi yang kegiatannya bidang olahrga,seperti tenis meja,badminton,basket,futsal,taekwondo dan lain lain. Bidang yang lainnya seperti pramuka,organisasi musik,jurnalistik dan lain lain.Tentunya dalam organisasi tersebut jelas pasti ada sebuah struktur keorganisasian yang sudah dibentuk sesuai dengan kesepakatan anggota. Dan juga struktur organisasi yang lebih besar lagi yaitu struktur organisasi sekolah dimulai dari Kepala Sekolah,Wakil Kepala Sekolah,Bagian Kurikulum,Kesiswaan,Bagian Sarana dan Prasarana,Para Guru dan lain-lain.Hal tersebut sudah terstruktur.Mengapa harus adanya organisasi??
 Menurut saya Apabila tidak adanya struktur organisasi maka tujuan yang ingin dicapai akan kacau,karena tidak ada pembagian pembagian maupun tugas yang spesifik sehingga tugas yang ada kemungkinan tidak akan selesai sepenuhnya.Itu adalah pentingnya struktur organisasi untuk membuat keteraturan yang tercipta hingga tujuan masing-masing yang ada didalamnya akan tercapai.

 Selain itu adanya istilah keorganisasian. Keorganisasian dan organisasi merupakan istilah yang sedikit berbeda . Organisasi adalah hal yang sudah saya jelaskan diatas . Sedangkan keorganisasian kita sudah akan masuk ke dalam situasi atau sudah masuk ke dalam situasi organisasi. Dan juga pentingnya keorganisasian itu apa?




1.       Kepemimpinan
Jelas dalam suatu organisasi harus adanya pemimpin dan adanya yang dipimpin kita dapat menyalurkan rasa kepemimpinan tersebut didalam organisasi walaupun sebelumnya kita tidak pernah memimpin tetapi dengan mencoba,belajar dan melihat situasi nyata suatu kelompok maka kita dapat melihat pertimbangan apa yang bisa kita lakukan.

2.       Melatih Mental
Dari pengalaman saya,mental adalah hal mutlak dalam organisasi. Tidak sepeduli seberapa mental yang anda punya sebelumnya,ketika pada organisasi yang sebelumnya belum teradaptasi,mental akan tumbuh sedikit demi sedikit. Berawal dari ketidaknyaman,ketakutan hal tersebut dilatih dan kemungkinan enta akan kuat dari sebelumnya
3.       Rasa Percaya Diri
Ketika mental anda sudah tumbuh lebih kuat dari sebelumnya , maka kepercayaan diri pun tentunya akan semakin kuat pula . Kepecayaan diri membuka pendapat,pikiran,bersuara,membuat ide dan tindakan tentunya akan menjadi hal yang baik dalam organisasi.Hal ini juga akan berdampak dan membawa pengaruh terhadap kegiatan selain organisasi,dengan bertemunya dengan orang,guru/dosen dan orang-orang disekitar rasa percaya diri akan ada.
4.       Rasa TanggungJawab
Setelah masuk kedalam keorganisasian,maka kita ditugaskan dengan kemampuan/keinginan yang sudah disepakati. Adanya tugas dalam organisasi membuat kita harus mempertanggungjawabkan hal tersebut pada atasan. Tentunya hal ini dapat membentuk suatu rasa bertanggungjawab terhadap apa yang telah diamanati sebuah organisasi kepada kita.
5.       Kerjasama dan Adaptasi
Dengan bertemunya orang-orang dan lingkungan yang baru,cepat atau lambat membuat kita diharuskan untuk bisa beradaptasi baik itu dengan tekanan yang kemungkinan ada ataupun dengan sendirinya. Teman-teman atau orang-orang yang baru anda kenal pun akan menjadi tak asing lagi apabila sudah lama bersama dalam organisasi dan akan terbentuknya teamwork yang kompak. Teamwork yang komapk mencirikan suatu organisasi dengan rasa nyaman,kebersamaan dan anggota-anggota yang solid.
6.       Rasa ingin tahu yang terpenuhi
Rasa ingin tahu yang terpenuhi dalam keorganisasian dalam arti kita dapat mengetahui seluk beluk,dari struktur,kegiatan,evenet dan lain lain yang sebelumnya kita belum tahu menjadi tahu dan rasa itu akhirnya terpenuhi dan menjadi kepuasan terpenuhi.


  Walapun keorganisasian mempunya berbagai hal penting.Maka yang harus dikorbankan yaitu waktu,tenaga dan juga pikiran. Apabila kita mempunyai tekad dan rasa ingin berkorban khususnya tiga hal tersebut maka kita termasuk tipekriteria seorang yang masuk dalam keorganisasian.

0 komentar:

Posting Komentar

    Check Page Rank

    Inspirasi ku

    "Ketika suatu kata tiba-tiba datang ke dalam pikiran"

    SUPPORT BY

    59f6bd32e80809a695471e8cd7cabd79f3629f3baf790ebbe4

    CONTACT ME

    E-mail :
    ibnuauliahanif21@gmail.com

    Instagram:

    Silahkan follow blog saya,tinggalkan jejak nanti saya follow balik :)

    _________________

    _________________

    Pengikut